Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kualitas Hubungan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KC Metro Sudirman)

Wijayanti, Dessy (2021) Pengaruh Kualitas Hubungan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KC Metro Sudirman). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] Text
170210007-Dessy Wijayanti(Skripsi) - Dessy Wijayanti.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Loyalitas nasabah merupakan kesediaan pelanggan agar senantiasa selalu menggunakan produk perusahaan dalam jangka panjang, menggunakan produk produk secara ekslusif, dan merekomendasikan perusahaan kepada teman dan rekannya. Kualitas hubungan (relationship quality) adalah suatu proses membangun tatanan yang lebih tinggi dan terdiri dari beberapa dimensi yang berbeda. Adapun faktor penting yang menjadi tolak ukur kualitas hubungan dapat dikatakan baik yaitu : kepercayaan, kepuasan, dan komitmen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah BSI KC Metro Sudirman. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 93 responden. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data purpose sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer berupa kuesioner yang diberikan kepada responden. Adapun analisis data dalam penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda yang sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kualitas hubungan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dan seberapa besar pengaruhnya pada BSI KC Metro Sudirman. Hasil dari penelitian adalah kualitas hubungan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah hal ini dibuktikan dengan hasi uji t memperoleh nilai thitung sebesar 3,943 dan nilai ttabel 0,677artinya thitung > ttabel. Selain itu berdasarkan hasil uji Rsquare diperoleh 0,146 yang menunjukan bahwa variabel kualitas hubungan (X) mampu mempengaruhi variabel loyalitas nasabah (Y) sebesar 14% sedangan 86% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci : Loyalitas, Nasabah, Kualitas Hubungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 12 Jan 2022 07:15
Last Modified: 12 Jan 2022 07:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5373

Actions (login required)

View Item View Item