Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Sebagai Konselor Terhadap Perilaku Anak Usia Dini di RA Raudlotul Ulum Desa Rejo Asri Kecamatan Seputih Raman

Cahayati, Bibit (2022) Peran Guru Sebagai Konselor Terhadap Perilaku Anak Usia Dini di RA Raudlotul Ulum Desa Rejo Asri Kecamatan Seputih Raman. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Bibit_Cahayati_1703020007[1] - bibit cahyati.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi siswa. Dalam arti menuntun sesuai kaidah yang baik dan mengarahkan perkembangan perilaku siswa sesuai dengan tujuan yang dicita-citakan, termasuk dalam hal ini yang penting ikut dalam mengembangkan perilaku siswa. Dengan demikian, diharapkan dapat menciptakan perkembangan yang lebih baik pada diri siswa, baik perkembangan secara fisik maupun mental. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru sebagai konselor terhadap perilaku anak usia dini di RA Raudlotul Ulum Desa Rejo Asri Kecamatan Seputih Raman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Dan data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai konselor terhadap perilaku anak usia dini yaitu pertama, seorang guru mengajarkan perilaku moral pada anak dengan cara mengajarkan anak untuk berkata sopan. Kedua, mengumpulkan tugas tepat waktu merupakan cara seorang guru melatih kedisiplinan pada siswa. Ketiga, guru menanamkan nilai agama pada siswa dengan cara membiasakan mengawali dan mengakhiri suatu kegiatan dengan do’a. Keempat, belajar bersosialisasi dan saling menyayangi sesama teman serta tidak membalas ketika diejek teman merupakan cara guru melatih perilaku sosial emosional pada siswa. Kelima, seorang guru membentuk konsep diri siswa dengan memberi contoh yang baik kepada siswa. Dalam proses perkembangan perilaku tentunya tidak terlepas dari hambatan yang dihadapi oleh para guru. Namun faktor yang menjadi penghambat proses perkembangan perilaku anak yaitu karena tidak kekonsistenan antara yang diajarkan di Sekolah dengan yang diterima anak di Rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Jan 2022 06:20
Last Modified: 27 Jan 2022 06:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5398

Actions (login required)

View Item View Item