Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Menumbuhkan Motivasi Belajar PAI melalui Pembelajaran Berbasis TIK pada Peserta Didik di SMA Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah

Chandra, Megawati (2020) Strategi Menumbuhkan Motivasi Belajar PAI melalui Pembelajaran Berbasis TIK pada Peserta Didik di SMA Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] Text
TESIS MEGAWATI CHANDRA (18001750).pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang melibatkan unsur jiwa dan raga. Belajar tak akan pernah dilakukan tanpa suatu dorongan yang kuat baik dari dalam diri peserta didik (motivasi intrinsik) maupun dari luar peserta didik (motivasi ekstrinsik), untuk itulah guru dituntut untuk dapat menyusun rancangan pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan peserta didik serta mampu menumbuhkan motivasi belajar peserta didik khususnya pembelajaran pendidikan Agama Islam. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana motivasi belajar PAI peserta didik SMA Negeri 1 Kalirejo, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK dalam menumbuhkan motivasi belajar PAI peserta didik di SMA Negeri 1 Kalirejo, 3) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK dalam menumbuhkan motivasi belajar PAI pada peserta didik di SMA Negeri 1 Kalirejo. Sedangkan Tujuan dalam penelitian ini dijabarkan sebagai berikut; 1) Untuk mengetahui motivasi belajar PAI peserta didik SMA Negeri 1 Kalirejo, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK dalam menumbuhkan motivasi belajar PAI pada peserta didik di SMA Negeri 1 Kalirejo, 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK dalam menumbuhkan motivasi belajar PAI pada peserta didik di SMA Negeri 1 Kalirejo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam dan dokumentasi, Karena wabah pandemi covid 19 membuat sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh sehingga metode observasi tidak bisa dilakukan. Sedangkan tehnik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi sumber karena triangulasi tehnik tidak dapat dilakukan. Metode analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: Pertama Motivasi belajar PAI pada peserta didik di SMA Negeri 1 Kalirejo relatif masih rendah. Kedua Pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK dapat membantu menumbuhkan motivasi belajar PAI peserta didik karena proses pembelajaran serta penyampaian materi dapat lebih kreatif, menarik, aktif, antusias dan menyenangkan. Ketiga Faktor pendukung strategi menumbuhkan motivasi belajar PAI melalui pembelajaran berbasis TIK pada peserta didik di SMA Negeri 1 Kalirejo yaitu kebijakan pemerintah daerah dan kebijakan sekolah yang tertuang dalam misi dan RKAS sekolah. Faktor penghambat strategi menumbuhkan motivasi belajar PAI melalui pembelajaran berbasis TIK pada peserta didik di SMA Negeri 1 Kalirejo adalah keterbatasan kemampuan guru dan akses internet yang belum merata di setiap ruang kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Jan 2022 06:20
Last Modified: 27 Jan 2022 06:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5399

Actions (login required)

View Item View Item