Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Tanya Jawab dalam mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Al-Azhar Metro Timur

Fadlillah, Vina Nazilatul (2020) Implementasi Metode Tanya Jawab dalam mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Al-Azhar Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Vina Nazilatul Fadlillah.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses dari yang belum tahu menjadi tahu, baik yang dilakukan langsung ataupun tidak langsung. Setiap manusia berhak untuk memperoleh pendidikan untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Terutama untuk anak usia dini, pada usia 0-8 tahun merupakan masa emas untuk anak. Maka dari itu sebagai pendidik dianjurkan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Pada penelitian ini peneliti fokus dengan perkembangan bahasa anak yaitu tentang implementasi metode tanya jawab dalam mengambangkan kemampuan berbahasa anak usia dini di Raudhatul Athfal Al-Azhar Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penggunaan metode tanya jawab dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini di Raudhatul Athfal Metro Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian yaitu tentang implementasi metode tanya jawab dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini di Raudhatul Athfal Al Azhar Metro Timur sudah cukup baik. Dari 21 peserta didik kemampuan berbahasa melalui metode tanya jawab dengan bantuan alat pendukung seperti media 18 peserta didik sudah mampu dan berkembang sangat baik, sedangkan tiga peserta didik berkembang sesuai harapan dalam proses pembelajaran masih dalam bantuan pendidik. Upaya yang dilakukan pendidik dalam mengimplementasi metode tanya jawab menggunakan bantuan media untuk mempermudah pendidik dalam menyampaikan maksudnya dengan peserta didik. Dan peserta didik juga mudah memahami pendidik dalam menyampaikan pembelajarannya. Dengan demikian pendidik dapat melihat kemampuan anak dalam berbahasa. Dengan menggunakan metode tanya jawab yang berbantuan media terutama media gambar pendidik dengan mudah melakukan tanya jawab kepada anak. Adapaun kesulitan yang ada yaitu apabila ada salah satu peserta didik yang belum paham maka pendidik harus mengulang kembali agar semua peserta didik paham dan biasanya membutuhkan waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:17
Last Modified: 26 Jan 2022 07:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5400

Actions (login required)

View Item View Item