Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor Peningkatan Omzet Penjualan ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi pada Multi Mart Pringsewu)

Kulsum, Umi (2018) Faktor Peningkatan Omzet Penjualan ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi pada Multi Mart Pringsewu). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI UMI FIX.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini di kota-kota besar di Indonesia mengalami perkembangan berkaitan dengan pertumbuhan pasar modern dan semi modern, sejalan dengan hal itu banyak bermunculan bisnis yang bergerak dibidang ritel. Beberapa ritel yang dikenal luas di Indonesia baik berskala Internasinoal maupun berskala nasional seperti Carreffour, Alfamart, Matahari, Ramayana, Indomaret, Chandra dan lainya. Salah satu contoh bisnis ritel yang saat ini berkembang berskala lokal adalah Multi Mart, salah satu gerainya adalah Multi Mart Pringsewu. Untuk mendapatkan omzet penjualan, setiap bisnis ritel harus melakukan strategi pemasaran dengan baik agar mampu bersaing dengan bisnis sejenis. Dalam bisnis selain mengedepankan keuntungan penjualan juga harus memperhatikan etika dalam berbisnis, jadi tidak hanya keuntungan yang didapatkan namun juga keberkahan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor peningkatan omzet penjualan pada Multi Mart Pringsewu ditinjau etika bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, adapun sifatnya penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pemilik, manager dan beberapa orang konsumen. Observasi dilakukan untuk mengamati produk yang ada di Multi Mart serta harga yang ditetapkan oleh ritel lain. Sedangkan dokumentasi dilakukan sebagai bukti dan informasi terkait Multi Mart Pringsewu. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan cara berfikir induktif.

Hasil penelitian dapat faktor peningkatan omzet penjualan pada Multi Mart Pringsewu yang paling dominan adalah faktor harga yang ditawarkan, kemudian produk yang disediakan, lokasi yang strategis, kualitas pelayanan karyawan serta fasilitas yang disediakan dan yang terakhir adalah faktor promosi. Selain itu faktor momen tertentu juga berpengaruh, penjualan akan naik pada saat tertentu, seperti hari libur Sabtu Minggu (weekend), tanggal merah atau libur Nasional, ketika bulan Ramadhan serta pada saat awal bulan. Berdasarkan tinjauan etika bisnis Islam terhadap faktor peningkatan omzet pada Multi Mart Pringsewu, dalam praktiknya telah sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam, seperti prinsip tauhid, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggung jawab, dan prinsip kejujuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 03:47
Last Modified: 08 Jan 2020 03:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item