Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Bauran Pemasaran Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Usaha Belut di Desa Notoharjo Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah)

Fauzan, Hilmi Ahmad (2022) Strategi Bauran Pemasaran Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Usaha Belut di Desa Notoharjo Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI HILMI AHMAD FAUZAN -1502040154 - ESy.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Desa Notoharjo, Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah merupakan salah satu desa yang memiliki potensi yang cukup besar dalam pengembangan budidaya belut. Aktifitas penangkapan belut sawah sudah dari dulu dilakukan di kawasan Desa Notoharjo, namun setiap tahunnya mengalami penurunan. Penjualan belut di daerah Notoharjo Trimurjo Lampung Tengah kini mulai menurun. Pemasaran mereka lakukan secara tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran usaha belut di desa Notoharjo kecamatan Trimurjo kabupaten Lampung Tengah ditinjau dari etika bisnis Islam.

Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah yaitu penelitian lapangan atau field research, dimana penelitian lapangan adalah suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik wawancara dalam penelitian ini menggunakan interview bebas terpimpin. Sumber data diambil dari berbagai informan diantaranya pemilik dan konsumen usaha belut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran usaha belut di desa Notoharjo kecamatan Trimurjo kabupaten Lampung Tengah telah sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu dengan menerapkan prinsip ketauhidan, kebenaran/kejujuran, amanah, dan keadilan, sehingga strategi bauran pemasaran dapat diterapkan guna mendapatkan keridhoan dari Allah SWT. Berdasarkan aspek harga. Harga belut yang ditawarkan lebih murah ketimbang pedagang lain. Kedua berdasarkan aspek produk, produk belut yang dipejualbelikan di tempat usaha berkualitas bagus, segar dan bersih. Ketiga berdasarkan aspek promosi, promosi yang digunakan hanya melalui mulut ke mulut, namun sudah tersebar disekitar daerah tersebut konsumen mengetahui lapak dari mulut ke mulut. Keempat berdasarkan aspek lokasi, konsumen membeli belut di usaha belut milik Febri Eka Andrian atau melalui produsen secara langsung tanpa melalui perantara yang tidak jelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 19 Apr 2022 04:31
Last Modified: 19 Apr 2022 04:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5433

Actions (login required)

View Item View Item