Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Angkutan Umum Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada Perusahaan Umum Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI) Cabang Metro)

Nurjanah, . (2018) Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Angkutan Umum Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada Perusahaan Umum Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI) Cabang Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NURJANAH FIX.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pertanyaan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kepuasan konsumen terhadap pelayanan angkutan umum Bus Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI) menurut etika bisnis Islam”?. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap pelayanan angkutan umum perspektif etika bisnis Islam di Perum Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI) Metro. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan di bidang kualitas pelayanan dalam memberikan kepuasan konsumen. Secara praktis penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi pengelola layanan jasa transportasi umum khususnya perum DAMRI.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, dan observasi. Metode wawancara dipergunakan untuk mendapatkan informasi yang konkrit mengenai kepuasan konsumen terhadap pelayanan angkutan umum menurut perspektif etika bisnis Islam.

Dari pembahasan dan analisa diketahui bahwa pelayanan yang dilakukan oleh pihak Bus Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI) dari bagian petugas loket, supir dan kondektur sudah sesuai dengan etika bisnis Islam. Konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak Bus Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI). Petugas loket dalam memberikan pelayanan mempunyai tanggungjawab yang sangat baik, dari pihak supir dan kondektur juga sudah bertanggungjawab terhadap keselamatan, kenyamanan dan keamanan kepada semua konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 03:57
Last Modified: 08 Jan 2020 03:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item