Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Aplikasi Dan Efektivitas Kerja Account Officer Micro (Studi Kasus Penerapan Aplikasi i-Kurma di Bank Syariah Indonesia KCP Metro AH. Nasution)

Gimnastiar, Muhammad Yusuf (2022) Penerapan Aplikasi Dan Efektivitas Kerja Account Officer Micro (Studi Kasus Penerapan Aplikasi i-Kurma di Bank Syariah Indonesia KCP Metro AH. Nasution). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MUHAMMAD YUSUF GIMNASTIAR -1704100156 -S1-PBS.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Untuk mendukung penyaluran pembiayaan mikro, Bank Syariah Indonesia mengembangkan inovasi teknologi untuk internal business process, yakni dengan meluncurkan aplikasi Kemaslahatan Untuk Rakyat Madani atau i-Kurma. i Kurma merupakan aplikasi digital yang digunakan oleh Account Officer Micro untuk memproses pengajuan pembiayaan mikro melalui smartphone. Aplikasi i Kurma diharapkan dapat mempercepat proses pencairan pembiayaan mikro dan meningkatkan efektivitas kerja Account Officer Micro.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan aplikasi i-Kurma dan efektivitas kerja Account Officer Micro di BSI KCP Metro AH. Nasution. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan peneliti adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan langsung dengan Branch Manager dan Account Officer Micro BSI KCP Metro AH. Nasution. Data yang terkumpul dianalisa secara kualitatif dengan cara berfikir induktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi i-Kurma di BSI KCP Metro AH. Nasution dilakukan mulai dari penginputan data nasabah sampai dengan putusan pembiayaan mikro. Penerapan aplikasi i-Kurma membuat kerja Account Officer Micro menjadi sangat efektif. Hal ini dapat dilihat dari indikator efektivitas kerja yaitu kuantitas, kualitas, dan waktu kerja. Pertama, kuantitas kerja setelah penerapan aplikasi i-Kurma meningkat. Kedua, kualitas kerja yang dihasilkan Account Officer Micro setelah adanya penerapan aplikasi i-Kurma menjadi lebih baik. Ketiga, waktu yang dibutuhkan Account Officer Micro setelah adanya penerapan aplikasi i-Kurma dalam menyelesaikan pekerjaannya menjadi lebih singkat.

Kata Kunci: i-Kurma, Efektivitas Kerja, Account Officer Micro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 30 May 2022 08:20
Last Modified: 30 May 2022 08:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5468

Actions (login required)

View Item View Item