Triyanti, . (2021) Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Permainan Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI TRIYANTI -1701030014 - PIAUD.pdf - Other Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan bahasa anak kelompok B Usia 5-6 Tahun TK Aisyiyah Bustanul Athfal masih tergolong rendah.Hal ini disebabkan, karena aspek bahasa anak yang masih rendah seperti kegiatan menyimak,berkomunikasi secara lisan mengungkapkan ide gagasan keinginan dan perasaan, memiliki perbendaharaan kata dan mengenal simbol-simbol.Dari permasalahan itu maka diperlukan suatu perbaikan yang dapat meningkatkan suatu kemampuan bahasa anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal.Peserta didik memerlukan kegiatan yang menarik dan menyenangkan serta merupakan aktivitas yang tidak sering dilakukan salah satunya ialah permainan bisik berantai.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah permainan bisik berantai dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak di TKAisyiyah Bustanul Athfal Lampung Timur?” Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untukmeningkatan perkembangan bahasa anak melalui permainan bisik berantai di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Lampung Timur.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 3 kali pertemuan pada setiap siklusnya.Subjek penelitian ini adalah 20 anak dari kelompok B, yang diantaranya 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan.Metode pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.Peningkatan kemampuan bahasa dikatakan berhasil jika51% (11 anak) dari 20 anak jumlah keseluruhan masuk ke dalam kriteria berkembang sesuai harapan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan bisik berantai dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak. Setelah dilakukan penelitian tindakan pada siklus I perkembangan bahasa anak dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 35% dan pada siklus II meningkat hingga 75% dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH).Hasil ini menggambarkan bahwa melakukan kegiatan permainan dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Lampung Timur.
Kata Kunci: Perkembangan Bahasa, Permainan Bisik Berantai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 01:54 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 01:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5474 |
Actions (login required)
View Item |