Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Pemasaran Budidaya Ikan Hias Di Arif Fish Farm Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur

Rahmananda, Frendy (2021) Analisis Strategi Pemasaran Budidaya Ikan Hias Di Arif Fish Farm Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI FRENDY RAHMANANDA -1602040093 - ESy.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan ikan hias di Indonesia tidak semuanya asli dari Indonesia. Salah satu pembudidaya ikan hias air tawar adalah Arif Fish Farm yang terletak di Desa Sidodadi, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur dalam mengembangkan bisnisnya menggunakan strategi pemasaran melalui online. Di era saat ini membeli ikan hias tak hanya dapat melalui toko langsung, tetapi dapat dilakukan melalui aplikasi pun kini tengah menjadi tren. Banyaknya marketplace saat ini belum ada yang spesifik khusus menjual ikan hias dan berbagai aksesorisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran budidaya ikan hias di Arif Fish Farm Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur.

Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah yaitu penelitian lapangan atau field research, dimana penelitian lapangan adalah suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik wawancara dalam penelitian ini menggunakan interview bebas terpimpin. Sumber data diambil dari berbagai informan diantaranya pemilik dan konsumen Arif Fish Farm.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran budidaya ikan hias di Arif Fish Farm Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur yaitu pertama, berdasarkan aspek harga. Harga ikan hias yang ditawarkan lebih murah ketimbang pedagang lain. Kedua berdasarkan aspek produk, produk ikan hias yang dipejualbelikan di tempat usaha berkualitas bagus. Ketiga berdasarkan aspek promosi, promosi yang digunakan hanya melalui mulut ke mulut, namun sudah tersebar disekitar daerah tersebut konsumen mengetahui lapak dari mulut ke mulut. Keempat berdasarkan aspek lokasi, konsumen membeli ikan hias di usaha ikan hias Arif Fish Farm atau melalui produsen secara langsung tanpa melalui perantara yang tidak jelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:54
Last Modified: 06 Jun 2022 01:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5475

Actions (login required)

View Item View Item