Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Penggunaan E-Money Dengan Perilaku Konsumtif (Studi Pada Mahasiswa IAIN Metro)

Nurhayati, Henni (2022) Hubungan Penggunaan E-Money Dengan Perilaku Konsumtif (Studi Pada Mahasiswa IAIN Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI HENNI NURHAYATI -1704100210 - S1 PBS.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Pada zaman modern sekarang, laju kembang teknologi dan informasi dinilai makin membawa kemudahan. Salah satu kemudahan tersebut ada pada system teknologi pembayaran, yang mana memberikan pergeseran peranan pada uang tunai. Pergeseran itu disebabkan karena kemajuan teknologi yang menciptakan bentuk pembayaran tuna, menjadi bentuk pembayaran non-tunai, yangtentunya dinilai membawa kemudahan serta lebih efisien dalam kegiatan konsumsi karena dalam kegiatan membelanjakan produk dalam memenuhi kebutuhannya.

Penggunaan e-money secara berlebihan dapat memicu perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif sering dikaitkan dengan pola konsumsi barang atau jasa yang berlebihan, diluar batas kebutuhan seseorang. Perilaku konsumtif dapat diartikan sebagai suatu tindakan untuk membeli barang atau jasa secara terus menerus secara tidak rasional, tanpa mempertimbangkan aspek kegunaannya.

Pada penelitian kali ini, bertujuan untuk melihat bagaimanakah hubungan antara penggunaan e-money dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa IAIN Metro. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik analisis korelasi sederhana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Hasil pada penelitian ini adalah terdapatnya hubungan yang kuat dan positif antar variabel, dengan hasil nilai Pearson Correlation sebesar 0,77.

Pola perilaku konsumtif yang terjadi pada mahasiswa IAIN Metro berdasarkan penyebaran kuesioner kepada 100 orang yang merupakan pengguna e-money menunjukkan hasil bahwa sebesar 48% yang merupakan mayoritas atau vii pengguna terbanyak e-money yang telah memakai uang elektronik dengan jangka waktu lebih dari setahun. Perilaku konsumtif yang didorong oleh tertariknya sebagian besar mahasiswa untuk menggunakan e-money dan mereka menilai pengisian nominal e-money sangatlah mudah sehingga menghasilkan perilaku konsumtif yang sebagian besar memilih untuk melakukan pembelian beli 1 dan dapat gratis 1 serta selalu mencoba produk yang selalu up to date.

Kata Kunci: Hubungan, Penggunaan E-Money, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:54
Last Modified: 10 Jun 2022 07:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5497

Actions (login required)

View Item View Item