Khairunnisa, Abidah (2021) Manajemen Pelayanan Pada Calon Jamaah Haji Di Kementerian Agama Kota Metro Tahun 2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ABIDAH KHAIRUNNISA - 1704010002 - MHU.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Penyelenggaraan ibadah haji dilakukan setiap tahun oleh umat Islam di Indonesia. Selama pelaksanaannya tidak pernah lepas dari pelayanan, sesuai dengn Undang Undang No 8 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji, menyebutkan bahwa pemerintah berkewajiban memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan yang sebaik-baiknya terhadap jamaah haji melalui manajemen pelayanan. Hal ini dimaksudkan agar perjalanan ibadah haji berjalan dengan aman, tertib, lancar, dan nyaman sesuai dengn tuntunan agama agar menjadi haji yang mabrur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana implementasi fungsi manajemen dalam pelayanan calon jamaah haji di Kementerian Agama Kota Metro.
Kementerian Agama Kota Metro memiliki jamaah yang cukup banyak, dengan latar belakang calon jamaah haji dengan berbagai macam perbedaan umur, tingkat pendidikan, pengetahuan agama, dan kualitas kesehatan jamaah. Staf diharuskan memberikan pelayanan yang ekstra terhadap calon jamaah haji, karena tidak bisa disamakan dengan pemberian layanan pada setiap calon jamaah haji. Bentuk-bentuk pelayanan yang diberikan di Kantor Kementerian Agama Kota Metro antara lain: pelayanan pendaftaran haji, pelunasan, pembatalan haji dan bimbingan manasik haji.
Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau field research. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa manajemen pelayanan pada calon jamaah haji di Kantor Kementerian Agama Kota Metro dimulai dari aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Namun, masih ditemukan kendala dalam pelayanan yang dilakukan oleh seksi penyelenggaraan haji dan umrah.
Kata kunci: manajemen, pelayanan, calon jamaah haji
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Haji dan Umroh |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 01:57 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 01:57 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5510 |
Actions (login required)
View Item |