Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Marketing Mix Dalam Menumbuhkan Minat Masyarakat Pada Produk Mikroku (Studi Kasus di PT Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Bandar Lampung)

Muntowimah, Mei (2022) Implementasi Marketing Mix Dalam Menumbuhkan Minat Masyarakat Pada Produk Mikroku (Studi Kasus di PT Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Bandar Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MEI MUNTOWIMAH - 1704100149 - S1 PBS.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Cabang Lampung menaruh perhatian bagi perkembangan perasuransian di Lampung. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Cabang Lampung memiliki banyak produk, salah satunya yaitu produk asuransi mikroku. Strategi dalam mempromosikan produk harus dilakukan bersamaan dengan bauran pemasaran (Marketing Mix) yang memiliki 7 elemen yaitu: produk (product), harga (price), promosi (promotion), tempat (place), orang (people), bukti fisik (physical evidence), dan proses (process). Marketing mix merupakan unsur-unsur pemasaran yang terkait yang digunakan dengan tepat sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan pemasaran dengan efektif. Oleh karena itu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi atau penerapan Marketing Mix dalam menumbuhkan minat masyarakat pada produk mikroku. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data penelitian ini dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa implementasi marketing mix dalam menumbuhkan minat masyarakat pada produk mikroku di Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Bandar Lampung belum baik karena produk mikroku bukan produk utama di Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Bandar Lampung dan keterkaitan antara 7P belum terkoordinir dengan baik sehingga masyarakat belum mengetahui produk mikroku ini yang menyebabkan peminat nya pun sedikit.

Kata Kunci: Asuransi, Marketing Mix

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:58
Last Modified: 06 Jun 2022 01:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5514

Actions (login required)

View Item View Item