Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi E-Marketing Produk Ekonomi Kreatif (Studi di Galeri Payungi Kota Metro Lampung)

Pasa, Annisa Nurbani (2022) Implementasi E-Marketing Produk Ekonomi Kreatif (Studi di Galeri Payungi Kota Metro Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ANNISA NURBANI PASA -1704040110 - ESy.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

E-marketing saat ini marak dibicarakan dan mulai diterapkan oleh pelaku bisnis. Termasuk dalam pemasaran produk ekonomi kreatif pada galeri Payungi yang saat ini sedang dikembangkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi pengembangan ekonomi kreatif yaitu pemahaman dan penerapan strategi promosi pemasaran. Pemilihan media sarana promosi e-marketing yang tepat dan efisien salah satunya yaitu menggunakan media sosial dimana mayoritas masyarakat sekarang menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi e-marketing pada produk ekonomi kreatif yang ada di galeri Payungi berdasarkan pada lima komponen e-marketing.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling. Tujuannya untuk mendeskripsikan mengenai implementasi e-marketing pada produk ekonomi kreatif yang ada di galeri Payungi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekni wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pengurus Payungi, pengelola e-marketing galeri Payungi, pengurus stan galeri Payungi, pengunjung galeri Payungi serta dokumentasi sebagai pelengkap data berupa data terkait galeri Payungi dan jurnal yang berkaitan dengan implementasi e-marketing produk ekonomi kreatif.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa galeri Payungi dalam menerapkan e-marketing sebagai media pemasarannya melalui media sosial telah menerapkan unsur-unsur dalam komponen e-marketing yang meliputi marketing seperti proses, membangun hubungan dengan konsumen, online, pertukaraan, dan pemenuhan kebutuhan kedua pihak. Sehingga implementasi e-marketing produk ekonomi kreatif pada galeri Payungi bisa dikatakan sudah cukup efektif. Namun masih terdapat kendala dan masih ada komponen yang belum terlaksana.

Kata kunci: Implementasi, E-marketing, Ekonomi Kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:58
Last Modified: 06 Jun 2022 01:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5516

Actions (login required)

View Item View Item