Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Kebangsaan Siswa Di MTs Nurul Iman Gedung Asri Tulang Bawang

Tohir, Ayu Suryani (2022) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Kebangsaan Siswa Di MTs Nurul Iman Gedung Asri Tulang Bawang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AYU SURYANI TOHIR - 1701010202 - PAI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan hal yang sangat penting karena nantinya akan membentuk sikap, tingkah laku dan jati diri seorang anak karena pembentukan moral yang tinggi merupakan tujuan utama dalam pendidikan Islam. Pembinaan merupakan suatu kegiatan mempertahankan dan menyempurnakan apa yang telah ada dan dilakukan secara berulang-ulang. Pembinaan akhlak juga harus diberikan kepada anak sejak usia dini serta harus dilakukan oleh pihak-pihak terkait seperti orang tua, lembaga pendidikan, pemerintah maupun pihak pihak lain secara kontinu agar mereka dapat memiliki akhlak yang mulia sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW serta mampu menjauhi akhlak yang buruk. Oleh karena itu, guru aqidah akhlak wajib memberikan suri tauladan dan senantiasa mencurahkan perhatiannya kepada peserta didik baik dari aspek pengetahuan, sikap dan perilaku serta keterampilan beribadah untuk mewujudkan peserta didik yang berkhlak mulia sesuai dengan agama Islam.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran serta menjelaskan implementasi tingkah laku/karakter kebangsaan siswa di MTs Gedung Asri Tulang Bawang saat di sekolah. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data primer dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru aqidah akhlak serta peserta didik MTs Nurul Iman, sedangkan untuk data sekundernya penulis menggunakan buku-buku yang berkaitan dengan pembinaan akhlak anak. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi data yaitu triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Data-data yang diperoleh dari lapangan kemudian diolah dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Dari penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwasannya : Dalam pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi.Dengan metode ceramah menjadikan peserta didik paham dengan materi yang telah disampaikan oleh guru, sehingga peserta didik akan mengingat dan selanjutnya akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama yang berkaitan dengan perilaku terpuji.

Kata kunci : pembelajaran akidah aklak, pendidikan karakter, Karakter Kebangsaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Apr 2022 07:03
Last Modified: 04 Apr 2022 07:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5519

Actions (login required)

View Item View Item