Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Digital Marketing Kain Tapis Lampung dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Lampung Ethnic, Desa Sumber Gede Kec.Sekampung Kab.Lampung Timur)

Suci, Nanda Megarati (2021) Strategi Digital Marketing Kain Tapis Lampung dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Lampung Ethnic, Desa Sumber Gede Kec.Sekampung Kab.Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Nanda MS SKRIPSI.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Dunia digital saat ini memberikan imbas terhadap perkembangan ekonomi khususnya pada bidang pemasaran. Sistem pemasaran yang semula tradisional kini berkembang menjadi sistem pemasaran modern atau yang lebih dikenal dengan sebutan digital marketing. Melalui digital marketing ini pelaku usaha seperti Lampung Ethnic akan dengan mudah memperkenalkan produk tapis ke masyarakat luas. Sehingga dalam penerapan digital marketing ini memerlukan strategi khusus dalam pelaksanaanya serta harus dilandasi dengan kaidah etika bisnis islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dimana teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh dari dua sumber, yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung dengan pemilik serta karyawan Lampung Ethnic. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku maupun sumber lainnya. Analisa data yang digunakan yaitu metode analisis kualitatif dan menggunakan cara berpikir induktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi digital marketing melalui bauran pemasaran digital dalam pelestarian produk tradisional Tapis Lampung telah diterapkan oleh Lampung Ethnic secara keseluruhan. Bauran pemasaran itu meliputi : produk,price,place,promosi,people,prosess, dan physical evidence secara digital dan modern. Termasuk dalam bauran place dan promosi nya sudah menggunakan media digital seperti, Facebook, Instagram dan Shopee. Namun, penerapan etika bisnis secara kaidah islam dalam strategi digital ini belum sepenuhnya dijalankan karena terlihat beberapa hal yang masih dikhawatirkan adanya pelanggaran secara etika bisnis islam.

Kata Kunci: Tapis Lampung, Bauran Pemasaran Digital, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:36
Last Modified: 14 Feb 2022 02:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5520

Actions (login required)

View Item View Item