Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Pendidikan Al-Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020

Sundari, . (2019) Upaya Guru Pendidikan Al-Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SUNDARI.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar membaca Al-Qur’an tidak selalu lancar seperti yang diharapkan, terkadang siswa mengalami kesulitan atau hambatan. Kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca Al-Qur’an misalnya masih terbata-bata dalam membaca (belum lancar), belum mampu mempraktikkan bacaan mad dengan benar, terkadang bacaan panjang dibaca pendek atau sebaiknya yang seharusnya dibaca pendek malah dibaca panjang. Siswa juga masih melakukan kesalahan dalam hukum bacaan, seharusnya dibaca dengan mendengung malah tidak mendengung, dan sebaliknya. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya guru Pendidikan Al-Islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Metro 2019/2020? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru Al-Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Metro 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Al-Islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Al-Islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020.

Jenis penelitian ini field research. Sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclusion drawing/verification).

Hasil analisis data diketahui bahwa upaya guru Al-Islam SMK Muhammadiyah 3 Metro dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an adalah mengadakan tadarus Al-Qur’an selama kurang lebih 10 menit sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengadakan privat khusus, serta pemberian tugas yang dapat merangsang kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Kesulitankesulitan yang dialami siswa dalam proses belajar membaca Al-Qur’an adalah melafalkan huruf-huruf Hijaiyah (Makharijul Huruf), penguasaan kaidah ilmu tajwid, serta belum mengenal tanda baca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 06:10
Last Modified: 08 Jan 2020 06:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item