Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MA Al Muhsin Metro

Octaviana, Clara (2022) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MA Al Muhsin Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Clara Octaviana - 1801011029 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Media merupakan suatu alat untuk menyampaikan informasi. Kaitannya dengan kegiatan pembelajaran yaitu suatu alat yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan suatu informasi materi pelajaran kepada peserta didik. Minat belajar merupakan suatu ketertarikan yang muncul dalam diri individu terhadap belajar. Permasalahan yang muncul pada penelitian ini adalah masih terdapat kesenjangan dalam kegiatan pembelajaran, situasi dan kondisi kegiatan pembelajaran tidak kondusif, kegiatan pembelajaran terkesan monoton, bahasa yang digunakan oleh pendidik ketika menyampaikan materi pelajaran adalah bahasa arab dan buku yang digunakan adalah buku arab gundul sehingga membutuhkan waktu untuk peserta didik memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh pendidik.

Adapun rumusan masalah yang diajukan pada penelitian ini adalah “Apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Visual dan Audio Visual terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Al Muhsin Metro?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis visual dan audio-visual terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Al Muhsin Metro. Hipotesisi penelitian ini adalah “Ada atau Terdapat Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Al Muhsin Metro”. Adapun populasi pada penelitian ini berjumlah 114 peserta didik, dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI.MIA.4 yang berjumlah 30 anggota.

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data untuk masing-masing variabel bebas dan variabel terikat tergambar oleh nilai dari harga Chi Kuadrat. Sedangkan pengaruh dua variabel bebas terhadap variabel terikat dapat diketahui dari nilai koefisiensinya.

Setelah data dianalisis, diketahui bahwa Chi Kuadrat hitung lebih besar daripada Chi Kuadrat tabel, dimana Chi Kuadrat hitung sebesar 12,259 dan Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 9,488. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:01
Last Modified: 06 Jun 2022 02:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5591

Actions (login required)

View Item View Item