Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belanja Masyarakat di Mini Market(Studi Kasus di Alfamart Way Jepara)

Perdana, Navira Rizky (2018) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belanja Masyarakat di Mini Market(Studi Kasus di Alfamart Way Jepara). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NAVIRA RIZKY PERDANA 13103634.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberadaan pasar modern dewasa ini menjadi tuntutan dan konsekuensi dari gaya hidup yang berkembang di masyarakat kita. Tidak hanya di kota metropolitan tapi sudah merambah di kota kecil. Sangat mudah menjumpai Minimarket, Supermarket di sekitar tempat tinggal kita. Tempat-tempat tersebut menjanjikan tempat yang nyaman dengan harga yang tidak kalah menariknya.

Pertanyaan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa sajakahkah yang mempengaruhi minat masyarakat berbelanja di Alfamart Way Jepara Lampung Timur ?. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat memilih untuk berbelanja di Alfamart Way Jepara Lampung Timur.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, dan observasi. Metode wawancara dipergunakan untuk mendapatkan informasi yang konkrit mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat belanja masyarakat di mini market, dan penggunaan metode dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk memperoleh data tentang sejarah berdirinya Alfamart di Way Jepara, Sturktur Organisasi kepemimpinan Alfamart Way Jepara, jumlah karyawan Alfamart di Way Jepara.

Dari pembahasan dan analisa diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat belanja masyarakat di Alfamart Way Jepara Lampung Timur yaitu: produk yang ada di Alfamart sebagian produk sudah berkualitas, tetapi ada produk kadaluarsa yang belum diganti, produk yang sudah habis tidak langsung disediakan sampai konsumen datang beberapa kali. Kualitas pelayanan, sebagian konsumen mengatakan pelayanan di Alfamart sudah memuaskan karena sudah menyediakan tempat penitipan barang dan penjagaan kendaraan. Sedangkan ada sebagian konsumen yang mengatakan pelayanan di Alfamart belum dirasakan dan belum merasa puas karena pelayanan yang dilakukan kurang ada keramahan, belum ada sapaan ramah, belum adanya nuansa Islami apalagi Alfamart Way Jepara berlokasi dilingkungan masyarakat muslim. Dari segi harga, ada sebagian harga yang lebih mahal dari swalayan lain dan ada juga sebagian harga yang lebih murah, serta sebagian produk ada yang tidak ada label harga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 06:29
Last Modified: 08 Jan 2020 06:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item View Item