Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Media Flashcard di RA Perwanida Adirejo

Sari, Ayu Nila (2021) Implementasi Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Media Flashcard di RA Perwanida Adirejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
AYU NILA SARI - 1701030041 - Ayunila Sari.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini melatar belakangi karena pembelajaran bahasa Inggris biasanya diberikan kepada jenjang sekolah dasar, namun diera globalisasi ini ternyata pembelajaran bahasa Inggris mulai diajarkan dan diterapkan kepada pendidikan taman kanak-kanak. Terdapat kekhawatiran karena kurangnya metode dalam pembelajaran bahasa Inggris serta penggunaan bahan saja yang sesuai dengan anak usia dini. Maka dari itu mengenalkan kosa kata menggunakan salah satu media yaitu flashcard.
Penelitian ini bertujuan: 1). Menjelaskan implementasi pembelajaran kosa kata bahasa Inggris melalui media flashcard di RA Perwanida Adirejo.2). Menjelaskan mengenai faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran kosa kata bahasa Inggris melalui media flashcard.
Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif sebagai pendekatan penelitian. Subjek peneliti yakni guru kelas B dan kelompok B yang terdiri dari 15 anak. Pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini menunjukan bahasan:1) Implementasi pembelajaran kosa kata bahasa inggris melalui flashcard di RA Perwanida Adirejo ada tiga tahap yaitu penyampaian materi yang menggunakan media flashcard, tahap praktek dilakukan dengan meniru kata-kata bahasa Inggris dan yang terakhir tahap penggunaannya yaitu bermain flashcard. Dengan media flashcard anak mudah dalam mengenal kosa kata dan meningkatkan kemampuan kosa kata bahasa Inggris anak.2). Faktor pendukung dibagi menjadi dua yaitu Internal dari sekolah yang memberikan sarana dan prasarana yang memadai dan Eksternal dari peran orang tua yang ikut follow up di rumah, sedangkan faktor penghambatnya waktu pelaksanaan pembelajaran dan mood anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:00
Last Modified: 06 Jun 2022 02:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5679

Actions (login required)

View Item View Item