Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Word of Mouth Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan S1 Perbankan Syariah Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro)

Anggi, Emilya Sefti (2022) Analisis Strategi Word of Mouth Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan S1 Perbankan Syariah Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
EMILYA SEFTI ANGGI_1804102012.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena sering terjadinya strategi pemasaran dari mulut kemulut atau disebut word of mouth yang dapat dilakukan oleh nasabah pengguna bank syariah yang menyampaikan informasi positif kepada mahasiswa namun kenyataannya meskipun strategi word of mouth ini sudah sering terjadi dan mahasiswa sudah paham terkait sistemnya mereka belum tentu menggunakan jasa bank syariah dengan demikian permasalahan yang harus dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana efektivitas strategi word of mouth terhadap minat menabung mahasiswa di bank syariah ?

Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Sumber penelitian berjumlah 4 orang mahasiswa yang berhasil menggunakan rekening bank syariah melalui strategi word of mouth. Data yang terkumpul kemudian digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpokir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih rendahkan pengaruh strategi word of mouth dikalangan mahasiswa terhadap minat menabung di bank syariah karena kurangnya sosialisasi pihak bank syariah yang menyakinkan mahasiswa secara langsung. Hal ini juga membuktikan bahwa semakin tinggi strategi word of mouth dilakukan namun sosialisasi oleh pihak bank syariah kepada mahasiswa masih rendah maka tetap tidak dapat berhasil menarik hati calon nasabah untuk minat menabung di bank syariah. Hal tersebut dibuktikan dari rendahnya minat menabung mahasiswa jurusan S1 Perbankan Syariah Angkatan 2018 di bank syariah.

Kata Kunci : Strategi Word Of Mouth, Minat Menabung, Perbankan Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 18 Aug 2022 01:09
Last Modified: 18 Aug 2022 01:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5685

Actions (login required)

View Item View Item