Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mencetak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Braja Asri Lampung Timur

Remahmudah, Dhea Intan (2021) Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mencetak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Braja Asri Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
DHEA INTAN REMAHMUDAH (1601030055).pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Motorik halus merupakan gerakan yang melibatkan koordinasi mata dan tangan yang dipengaruhi oleh adanya kesempatan untuk terus belajar dan berlatih, oleh sebab itu anak seharusnya diberikan stimulus atau rangsangan disetiap kegiatan yang lakukan sehari-hari. Dengan demikian guru perlu mengupayakannya dengan kreativitas yang dimilikinya. Pada penelitian yang telah dilakukan peneliti memiliki fokus penelitian yaitu meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mencetak di TK Aisiyah Bustanul Atfal Braja Asri Lampung Timur.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mencetak di TK Aisyiyahh Bustanul Athfal Braja Asri.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui teknik penjamin keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan peneliti dapat diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mencetak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Braja Asri telah dilaksanakan dengan optimal dan mendapatkan hasil pencapaian perkembangan yang meningkat,
dengan menerapkan langkah-langkah kegiatan mencetak dengan baik dan benar yaitu: Yaitu: 1) melakukan perencanaan dan menyiapkan alat dan bahan, 2) menjelaskan kegiatan mencetak, 3) memberi kesempatan anak untuk memulai kegiatan mencetak, 4) memberi pengawasan dan pengamatan saat kegiatan
mencetak berlangsung, 5) melakukan evaluasi. Faktor pendukung: peran pendidik, peran orang tua, bahan yang mudah didapat, dan kegiatan yang menyenangkan. Faktor penghambat: waktu yang terbatas, dan emosi anak yang kurang stabil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:59
Last Modified: 06 Jun 2022 01:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5687

Actions (login required)

View Item View Item