Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Masa Pandemi Covid19 dalam Tinjauan Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Kafe Bejo's Milk 21 Metro)

Ariyanti, Diah (2021) Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Masa Pandemi Covid19 dalam Tinjauan Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Kafe Bejo's Milk 21 Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
DIAH ARIYANTI - 1602040081 - diah ariyanti.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Salah satu sektor usaha yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cukup signifikan saat ini adalah sektor kuliner. Berbagai tempat dapat ditemukan usaha rumah makan khususnya di wilayah perkotaan. Seperti halnya usaha restoran dan rumah makan dan usaha Kafe juga mengalami perkembangan
yang tidak jauh berbeda, khususnya di Kota Metro Lampung. Banyak Kafe dan Resto yang menawarkan terobosan-terobosan baru untuk menarik minat konsumen untuk berkunjung. Seperti pengadaan spot foto, menu-menu yang selalu update, juga variasi harga turut mempengaruhi minat pembeli. Konsumen
utama Kafe di area Kota Metro rata-rata merupakan para kaum milenial yang senang nongkrong atau hanya sekedar ngobrol dan berkumpul bersama temanteman. Salah satu Kafe yang cukup ramai dikunjungi oleh pembeli adalah Kafe Bejo’s Milk.
Penelitian ini bertujuan penerapan strategi pemasaran Kafe Bejo’s Milk 21 polos Metro dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan di Kafe Bejo’s Milk Kota Metro tergolong ke dalam strategi 4 P, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). Penerapan strategi pemasaran di Kafe Bejo’s Milk 21 Polos Metro juga sudah
sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Pada strategi produk, owner selalu memastikan produk yang dijual selalu dalam pengawasan saat proses hingga dihidangkan kepada konsumen. Pada strategi harga, yaitu dengan cara melihat
atau membandingkan harga produk-produk di Kafe Bejo’s Milk dengan harga produk yang ada pada pesaing. Pada strategi tempat, Kafe Bejo’s Milk juga dilengkapi dengan wifi dan tempat yang nyaman. Pada strategi promosi, Kafe Bejo’s Milk menggunakan media sosial berupa Facebook dan Instagram untuk
mempromosikan produknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:59
Last Modified: 06 Jun 2022 01:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5688

Actions (login required)

View Item View Item