Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Puzzle di TK PKK Candi Rejo Way Pengubuan Lampung Tengah

Pambudi, Diah Ayuning (2021) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Puzzle di TK PKK Candi Rejo Way Pengubuan Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
DIAH AYUNING PAMBUDI NPM 1601030057 - Diah Ayuning.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Anak usia dini (AUD) merupkan kelompok atau kumpulan anak yang berusia 0-8 tahun. Anak usia dini adalah kumpulan berbagai anak yang sedang berada dalam fase pertumbuhan dan perkambangan yang sangat unik . Pada masa ini anak memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan koordinasi motorik halus
dan kasar, kecerdasan intelegensi, bahasa dan komunikasi yang khusus sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan pada anak.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang perkembangan kreativitas pada anak usia dini dengan menngunakan media puzzle di TK PKK Candi Rejo Way pengubuan. Apakah dengan menggunakan media puzzle dapat meningkatkan kreativitas pada anak secara maksimal. Peneliti melakukan 3 upaya dalam mengembangkan kreativitas pada anak usia dini yaitu: dengan metode bermain puzzle, mewarnai gambar, dan menempel gambar. Dengan dilakukannya 3 upaya tersebut dapat diketahui bagimana kondisi kreativitas pada peserta didik
di TK PKK Candi Rejo. Dalam mengembangkan kreativitas terdapat faktor penghambat dan faktor pendukung yaitu: faktor endukung yaitu adalah faktor dari keluarga atau orangtua, kedua adalah faktor penghambat adapaun faktor penghambat yaitu kesalahan dalam pola asuh.
Selanjutnya adapun metode yang saya gunakan adalah metode kualitatif. penelitian kualitatif adalah metode yang Penelitian kualitatif lapangan merupakan penelitian yang ditekankan pada kelengkapan data yang di kumpulkan yaitu
berupa data primer dan data sekunder. Upaya yang dapat dilakukan pendidik dalam mengembangkan kreativitas anak di TK PKK Candi Rejo Way Pengubuan yaitu dengan metode bermain, dengan metode bermain game yang terkonsep maka kegiatan tersebut dapat meningkatkan aspek-aspek perkembangan pada anak, lalu dengan kegiatan mewarnai, kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi pada anak, dan yang terakhir adalah dengen kegiatan menempel, kegiatan ini dapat melatih motorik dan kesabaran anak.Kondisi kreativitas di TK PKK Candi Rejo Way Pengubuan Lampung Tengah dapat 18 anak dalam satu kelas, 10 anak sudah berkembang sesuai harapan dan 8 anak lainnya masih dalam proses perkembangan. Dengan penggunaan media puzzle dalm kgiatan pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas pada anak. Faktor pendukung yaitu, dukungan dari keluarga atau orangtua. Lalu untuk faktor penghambat yaitu pola asuh yang di lakukan orangtua atau diri anak tersebut. Dengan adanya media yang lebih menarik nantinya diharapkan dapat lebih memaksimalkan tujuan yang ingin dicapai terutama dalam aspek keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:59
Last Modified: 06 Jun 2022 01:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5689

Actions (login required)

View Item View Item