Jumiyati, . (2021) Implementasi Kegiatan Mewarnai pada Anak Usia Dini dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus di TK Aisyah Bustanul Athfal 3 Banjarejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
JUMIYATI - Jumiyati 1305.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Anak usia dini merupakan seorang individu yang memiliki karakteristik khas, anak-anak selalu aktif, antusias dan memiliki rasa ingin tau yang tinggi dengan begitu mereka disebut dengan Golden Age. Tahap keemasan ini berada pada rentan usia 0-6 tahun. Dengan demikian sebagai pendidik perlu mengembangkan potensi anak. Pada penelitian yang telah dilakukan peneliti memiliki fokus penelitian pada implementasi kegiatan mewarnai dalam mengembangkan kemampuan motorik halus pada kelompok B di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Banjarejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur.
Pertanyaan peneliti pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah implementasi kegiatan mewarnai pada anak usia dini dalam mengembangkan kemampuan motorik halus di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Banjarejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. 2) Menjelaskan apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kegiatan mewarnai pada anak usia dini dalam mengembangkan motorik halus di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Banjarejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan dalam pengumpulan data penelitian menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi ini supaya dapat memunculkan hasil data berupa tulisan, kata-kata yang kemudian dianalisa dan diambil suatu pemecahan yang bersifat umum, sehingga memunculkan kesimpulan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian yang dilakukan mengenai Implementasi Kegiatan Mewarnai Pada Anak Usia Dini Dalam Mengembangkan Motorik Halus Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Banjarejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur menunjukan hasil yang baik. Setelah diadakan kegiatan mewarnai dapat memberikan hasil yang baik sebagai metode yang efektif, menyenangkan dan memudahkan peserta didik dalam mengembangkan kemampuan fisik motorik anak khususnya dalam motorik halus anak. Implementasi kegiatan mewarnai dilakukan dengan menyiapkan bahan ajar atau LKA (Lembar Kerja Anak), lalu menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan dan selanjutnya melakukan kegiatan mewarnai. Faktor pendukung dalam perkembangan kemampuan motorik halus anak yaitu faktor lingkungan, Stimulasi dan kecerdasan. Adapun faktor penghambat dalam perkembangan kemampuan motorik halus anak yaitu terdapat pada lingkungan atau tempat pembelajaran yang kurang nyaman serta kurangnya minat anak didik dalam kegiatan mewarnai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 01:56 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 01:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5697 |
Actions (login required)
View Item |