Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Promosi Pengembangan Usaha Pupuk Pertanian melalui Media Digital dalam Prespektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada Toko Metro Lestari, Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro)

Pratama, Nanda Raplesia (2021) Strategi Promosi Pengembangan Usaha Pupuk Pertanian melalui Media Digital dalam Prespektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada Toko Metro Lestari, Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
NANDA RAPLESIA PRATAMA1602040124 - sukses mudah.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Dunia digital saat ini memberikan imbas terhadap perkembangan ekonomi khususnya pada bidang pemasaran. Media digital memudahkan bagi setiap usaha mendapatkan komunikasi dan informasi secara cepat. Melalui digital marketing ini pelaku usaha seperti Metro Lestari akan dengan mudah memperkenalkan produk Pupuk ke masyarakat luas dengan Melakukan Strategi promosi. Sehingga dalam penerapan Strategi Promosi ini memerlukan strategi khusus dalam pelaksanaanya serta harus dilandasi dengan kaidah etika bisnis islam.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dimana teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh dari dua sumber, yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung dengan pemilik serta karyawan Metro Lestari. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku maupun sumber lainnya. Analisa data yang digunakan yaitu metode analisis kualitatif dan menggunakan cara berpikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi promosi melalui bauran promosi dalam pengembangan usaha pupuk Metro Lestari telah diterapkan secara keseluruhan. Bauran promosi itu meliputi: public reslation, advertising, sales promotion, personal selling, derect marketing sudah menggunakan media digital seperti, Facebook, Instagram dan Shopee. Namun, penerapan etika bisnis secara kaidah islam dalam strategi digital ini belum sepenuhnya dijalankan karena terlihat beberapa hal yang masih dikhawatirkan adanya pelanggaran secara etika bisnis islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 10 Jun 2022 06:44
Last Modified: 10 Jun 2022 06:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5715

Actions (login required)

View Item View Item