Azizah, Nida Luhfiana (2021) Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Jumah Nasabah Tabungan Haji pada Bank Aman Syariah Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
NIDA LUTHFIANA AZIZAH_1702100066 - Nida luthfiana.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Marketing mix adalah suatu alat yang digunakan perusahaan dalam membentuk karakteristik suatu produk kepada konsumen. Oleh karna itu marketing mix juga disebut sebagai kumpulan alat-alat yang mampu digunakan sebagai cara dalam mempengaruhi penjualan pada suatu produk. Masyarakat
merupakan potensi besar dalam menjadi nasabah di PT. BPRS Aman Syariah. Dalam penelitian yang telah dilakukan ini diketahui bahwa strategi marketing mix yang telah diterapkan oleh PT. BPRS Aman Syariah yaitu 7p yang berada di dalam komponen marketing mix product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan marketing mix yang dilakukan oleh PT. BPRS Aman Syariah dalam mengenalkan produk serta meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji di PT. BPRS Aman Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang
bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan 7p yang ada di dalam marketing mix yang telah diterapkan oleh PT. BPRS Aman Syariah terdapat strategi yang dianggap kurang efektif dikarenakan peningkatan nasabah per tahun
tidak signifikan hanya bertambah 1 nasabah saja per tahun. Sehingga dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji pada PT. BPRS Aman Syariah yaitu dengan melakukan kegiatan promotion yang terdapat di dalam strategi marketing
mix dengan melakukan kegiatan sosialisasi langsung kepada masyarakat sekitar dengan cara semenarik mungkin dan PT. BPRS Aman Syariah mampu memperoleh nasabah yang berminat dalam melakukan pembukaan tabungan haji di PT. BPRS Aman Syariah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 09:02 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 09:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5738 |
Actions (login required)
View Item |