Pratiwi, Retna Dwi (2021) Strategi BPRS Metro Madani dalam Meningkatkan Minat Nasabah terhadap Produk Walimah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
RETNA DWI PRATIWI SIAP - retnadwipratiwi 2021.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Strategi pemasaran adalah salah satu cara yang digunakan untuk membantu perusahaan membuat dan menjual barang dan jasa sesuai dengan kondisi perusahan dan pasar target selera konsumen yang dituju serta rencana yang terarah di bidang pemasaran untuk memperoleh suatu hasil yang optimal. Bauran pemasaran adalah strategi pemasaran yang dapat menentukan kesuksesan perusahaan dalam mengejar profit atau keuntungan maksimal. Strategi ini menggunakan semua alat pemasaran dalam perusahaan yang dikenal dengan konsep 7P, yaitu products, price, promotions, place, people, process, dan physical evidence.
Penelitian ini bertujuan menjelaskan strategi BPRS Metro Madani KC Jatimulyo dalam meningkatkan minat nasabah terhadap produk walimah. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi perbankan syariah, khususnya tentang strategi dalam meningkatkan minat nasabah terhadap produk walimah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara (interview) terhadap marketing dan nasabah di BPRS Metro Madani KC Jatimulyo. Dokumentasi yang digunakan berupa dokumen yang berasal dari dokumentasi BPRS Metro Madani KC Jatimulyo maupun media online. Analisis data dilakukan secara induktif, penelitian yang dimulai dari fakta empiris, mempelajari, menganalisis, menafsirkan, dan menarik kesimpulan dari fenomena yang ada di lapangan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengenai strategi pemasaran yang digunakan oleh BPRS Metro Madani KC Jatimulyo dalam meningkatkan minat nasabah terhadap produk walimah adalah strategi yang digunakan oleh BPRS Metro Madani KC Jatimulyo untuk meningkatkan minat nasabah dalam menabung tabungan walimah adalah menggunakan strategi bauran pemasaran dengan konsep produk dan promosi. Promosi dilakukan dengan cara konvensional dan secara online baik melalui website atau media sosial resmi dari BPRS Metro Madani KC Jatimulyo maupun melalui media sosial karyawan BPRS Metro Madani KC Jatimulyo secara individu. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh BPRS Metro Madani KC Jatimulyo menggunakan beberapa rencana kerja untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, melalui berbagai pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan, posisi pasar dan pasar sasaran yang dituju. Strategi pemasaran yang diterapkan BPRS Metro Madani KC Jati Mulyo dapat menarik minat nasabah terhadap produk yang ditawarkan oleh BPRS Metro Madani KC Jati Mulyo. Namun, kondisi saat ini di BPRS Metro Madani KC Jatimulyo, perkembangan nasabah tabungan walimah dalam keadaan stagnan dimana tidak ada kenaikan dan juga tidak ada penurunan jumlah nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 09:02 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 09:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5741 |
Actions (login required)
View Item |