Sundari, Siti (2022) Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Siswa Kelas VIII MTs Darun Nasyi’in Bumi Jawa Batanghari Nuban Lampung Timur T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI SITI SUNDARI -1801041036 - TMTK.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Salah satu materi yang dikeluhkan sulit oleh siswa yaitu pada materi operasi bentuk aljabar. Bagi pelajar menengah pertama aljabar merupakan materi yang cukup abstrak. Sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi aljabar. Kesulitan siswa dalam mempelajari aljabar dibagi menjadi dua jenis pengetahuan yaitu pengetahuan konsep dan prinsip. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kesulitan siswa kelas VIII MTs Darun Nasyi’in dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar (2) Mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa kelas VIII MTs Darun Nasyi’in dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Terpilih 5 orang siswa dari seluruh subjek penelitian yaitu 28 siswa kelas VIII A yang ditentukan berdasarkan hasil tes aljabar untuk kemudian diwawancarai. Teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Miles dan Huberman yaitu: 1) Reduksi Data, 2) Penyajian Data, 3)Penarikan Kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan menggunakan triangulasi metode.
Dari analisis data diketahui kesulitan dan faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Kesulitan yang dialami yaitu kesulitan konsep dan prinsip aljabar. Kesulitan konsep yaitu kesulitan dalam menentukan unsur-unsur aljabar seperti variabel, konstanta, koefisien, serta kesulitan menentukan suku sejenis. Sedangkan kesulitan prinsip yaitu kesulitan dalam pengoperasian penjumlahan dan pengurangan antara bilangan positif dan negatif, kesulitan dalam menyelesaikan perkalian bentuk aljabar. Faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kemampuan intelektual siswa dalam memahami konsep dan prinsip aljabar, minat dan kesehatan. Sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dan sosial.
Kata Kunci : Analisis, Kesulitan Siswa, Operasi Bentuk Aljabar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 06:42 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 06:42 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5745 |
Actions (login required)
View Item |