Yanti, Tri Hasrida (2018) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Terhadap Jual Beli Kredit ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Kasus Dusun Karang Agung Desa Negara Nabung Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
TRI HASRIDA YANTI.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Jual beli dengan sistem kredit adalah jual beli dimana pembeli sudah menerima barang sebagai objek jual beli, namun belum membayar harga baik keseluruhan atau setengah harga. Pembayaran dilakukan secara angsur sesuai dengan kesepakatan. Jual beli kredit merupakan jual beli yang banyak diminati oleh masyarakat karena dengan keterbatasan pendapatan yang dimiliki memungkinkan untuk mendapatkan barang yang relatif mahal untuk memenuhi kebutuhan tanpa harus membayar tunai, dan sistem pembayaran harga barang dibayar secara berkala (cicilan) sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Dusun Karang Agung Desa Negara Nabung Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur terhadap jual beli kredit yang ditawarkan oleh pedagang keliling. Manfaat yang diperoleh yaitu secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan akan dapat mengembangkan khasanah keilmuan dibidang jual beli kredit dan pengaruhnya terhadap minat masyarakat. Secara praktis Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan informasi dan masukan dalam muamalah khususnya yang berkaitan dengan pelaksanaan jual beli kredit yang sesuai dengan Ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap penjual dan pembeli yang melakukan jual beli kredit dan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dalam penelitian, dan analisis data menggunakan metode berfikir induktif.
Berdasarkan hasil penelitian ternyata di Dusun Karang Agung Desa Negara Nabung Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur banyak masyarakat yang berminat melakukan jual beli kredit karena memudahkan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan tanpa harus tunai. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat terhadap jual beli kredit adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya yaitu faktor kebutuhan dari dalam dan faktor emosi. Dan faktor eksternal yaitu faktor motif sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 08 Jan 2020 07:45 |
Last Modified: | 08 Jan 2020 07:45 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/575 |
Actions (login required)
View Item |