Sari, Indria (2022) Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Materi Pecahan Senilai pada Siswa Kelas IV SdN 4 Sukadamai. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI INDRIA SARI-1 - Indria Sari.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman matematis siswa dalam pembelajaran matematika, namun masih banyak siswa yang kurang memahami konsep matematis dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi Pecahan Senilai siswa kelas IV SDN 4 Sukadamai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek yang digunakan peneliti adalah 29 siswa kelas IV SDN 4 Sukadamai. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh persentase kemampuan pemahaman matematis pada setiap kategori 3,40% pada kategori sangat tinggi, 37,90% pada kategori tinggi, 51,70% pada kategori sedang, 6,90% pada kategori rendah, 0% pada kategori sangat rendah. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa dalam kategori sedang yaitu dengan persentase 64,82. Persentase 64,82 ini dapat diperkuat pada tabel 3.12 yaitu kriteria kualifikasi hasil tes.
Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 04:32 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 04:32 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5778 |
Actions (login required)
View Item |