Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah di Kelas III SDN 3 Kibang

Astari, Puji (2022) Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah di Kelas III SDN 3 Kibang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI PujiAstari_1701050031 - puji astari.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kendala yang dialami siswa kelas III SD N 3 Kibang berupa kurangnya pemahaman siswa dan sikap terburu-buru siswa dalam mengerjakan soal materi matematika. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman dan faktor yang mempengaruhi dalam siswa dalam mengerjakan materi berhitung.

Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas III SD N 3 Kibang. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis induktif dengan cara mengumpulkan data yang telah diperoleh, kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemahaman siswa dalam mengerjakan soal matematika yaitu (1) Menunjukan bahwa dari seluruh siswa kelas III yang terdiri dari 8 siswa menunjukan dalam menyelesaikan soal matematika memiliki kemampuan yang tinggi, rendah, sedang. Hal ini didasarkan pada hasil tes seluruh siswa termasuk dalam kategori tinggi. Dalam hasil pengerjaan soal 4 siswa dengan nilai 100 yang terdiri dari : AI, IAR, IMS, KOS. 1 siswa dengan nilai 90 yaitu LA, dan 3 siswa dengan nilai 80 yaitu RAI, RAP dan VP. (2) Siswa yang mampu memahami konsep matematis dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internal yang mampu mempengaruhi kemampuan memahami konsep soal matematika adalah kemampuan faktor minat dan motivasi siswa. Sedangkan faktor eksternal yang mampu mempengaruhi kemampuan matematis siswa adalah media dan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Kata Kunci : Pemahaman Matematis, Faktor Internal dan Faktor Eksternal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:46
Last Modified: 26 Aug 2022 01:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5779

Actions (login required)

View Item View Item