Fauzi, Ari Kristi (2022) Pengaruh Metode Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 01 Sukamaju Kecamatan Bumi Agung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI ARI KRISTI FAUZI 1801051011_PGMI - Arikristi Fauzi.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Permasalahan rendahnya hasil belajar matematika tersebut perlu dilakukan perbaikan. Salah satu metode yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah dengan menggunakan metode pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 01 Sukamaju Kecamatan Bumi Agung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD yang berjumlah 23 siswa dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu 12 siswa (kelompok eskperimen) dan 11 siswa (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Kemudian data di analisis dengan menggunakan uji t-test independent. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan metode pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 01 Sukamaju. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji t-test yang memperoleh thitung sebesar 2,525 lebih besar dari nilai ttabel = 2,07 pada taraf signifikansinya (α = 5% atau 0,05). Dengan demikian metode pemecahan masalah terbukti dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar matematika.
Kata Kunci: Metode Pemecahan Masalah, Hasil Belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 00:49 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 00:49 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5786 |
Actions (login required)
View Item |