Nurbaety, Eemy (2022) Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Online Shop Terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus: Toko Online Fitra Shopp, Desa Adiwarno 45 B, Kecamatan Batang Hari, Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
EEMY NURBAETY -1804041052.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Hal ini juga dirasakan oleh bisnis toko online Fitra Shopp, yang tentunya memiliki target untuk meningkatkan perkembangan bisnisnya yaitu dengan mengukur seberapa besar kepuasan konsumen dalam membeli produk. Agar konsumen merasa puas dan tidak pindah ke tempat lain, maka bisnis toko online tersebut harus mengetahui indikator indikator yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen dapat diciptakan melalui kualitas produk dan kualitas pelayanan. Kemudian dalam hal ini, kepuasan konsumen akan ditinjau dari Etika Bisnis Islam, karena ingin melihat sejauh mana kemampuan bisnis toko online tersebut dalam menerapkan prinsip-prinsip yang telah ditetapkan oleh syariat Islam. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Produk Online Shop terhadap Kepuasan Konsumen ditinjau dari Etika Bisnis Islam. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan Online Shop terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk pada toko online Fitra Shopp sebanyak 10.500 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 orang dengan menggunakan teknik sampel purposive sampling yaitu dengan memilih sampel berdasarkan pertimbangan peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden dan wawancara semi struktur untuk melengkapi penelitian yang dibutuhkan. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yang diuji berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarakan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: (1) Variabel Kualitas produk Online Shop berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsumen ditinjau dari Etika Bisnis Islam dengan nilai t hitung sebesar 6,518 dengan sig. t sebesar 0,000 (p < 0,1). (2) Variabel Kualitas Pelayanan Online Shop berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsumen ditinjau dari Etika Bisnis Islam dengan nilai t hitung sebesar 3,516 dengan sig. t sebesar 0,001 (p < 0,1). Kata kunci :Kualitas Produk, Pelayanan Online Shop, Kepuasan Konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 00:57 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 00:57 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5787 |
Actions (login required)
View Item |