Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Kreativitas Guru dalam Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD N 6 Metro Barat

Aprilia, Lussi (2022) Peran Kreativitas Guru dalam Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD N 6 Metro Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
PDF SKRIPSI PERPUSTAKAAN LUSSI APRILIA.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Kreativitas guru dalam proses pembelajaran memiliki peran yang penting, guru harus dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar peserta didik dapat menerima materi pembelajaran dengan baik dan prestasi belajar menjadi maksimal. Kegiatan proses belajar mengajar sedikit berubah setelah pembelajaran dalam jaringan (daring) di masa pandemi covid-19, siswa masih sering melakukan aktivitas yang tidak berhubungan dengan pelajaran, maka dari itu guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang dapat menarik perhatian siswa. Kreativitas guru dalam mengajar berpengaruh terhadap pemahaman materi yang didapatkan oleh siswa, terkhusus untuk mata pelajaran matematika yang membutuhkan fokus dan konsentrasi yang cukup tinggi, maka dari itu dibutuhkan kreativitas guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran, mengembangkan strategi belajar, mengkombinasikan metode belajar, memilih media belajar dan melakukan pengelolaan kelas dengan baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar matematika kelas IV A SDN 6 Metro Barat. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif. Objek dari penelitian ini yaitu guru matematika kelas IV A dan siswa kelas IV A SDN 6 Metro Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peran kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV A SDN 6 metro barat sudah baik, pada tahap perencanaan guru membuat RPP setidaknya 1 minggu sebelum proses pembelajaran, guru mengkombinasikan strategi belajar untuk menarik fokus belajar siswa, metode belajar yang digunakan oleh guru sudah bervariasi, guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi, serta guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk siswa. Prestasi belajar matematika siswa kelas IV A juga sudah bagus yang dibuktikan dengan meningkatnya nilai ulangan harian dan PTS.

Kata Kunci : Peran, Kreativitas guru, Prestasi belajar matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:06
Last Modified: 25 Aug 2022 01:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5789

Actions (login required)

View Item View Item