Istiqomah, Dewi Nurul (2022) Peran Orang Tua dalam Pendampingan Belajar IPA Siswa di SDN 35 Tulang Bawang Tengah Selama Masa Pandemi Covid 19. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DEWI NURUL ISTIQOMAH 1801051018. - DEWI NURUL ISTIQOMAH.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Adanya pembatasan pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid 19 membuat peran orang tua sebagai pendidik pertama bagi anak sangatlah penting dalam pembelajaran dilaksanakan dirumah, salah satunya dalam pendampingan belajar. Namun, banyak orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaanya sehingga lupa dan tidak memperhatikan perannya dalam pendidikan karena menganggap bahwa tugas pendidikan sepenuhnya hanya diserahkan pada guru disekolah. Sehingga sering kali anak merasa malas untuk belajar dan banyak dari mereka yang tidak mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran dalam jaringan (daring) seperti pelajaran IPA. Untuk itu perlunya pendampingan belajar dari orang tua akan membuat anak merasa semangat, dan tidak merasa terbebani saat mengerjakan tugas yang diberikan olah guru dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam pendampingan belajar IPA siswa di SDN 35 Tulang Bawang Tengah selama masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SDN 35 Tulang Bawang Tengah, subjek penelitian ini adalah 6 orang tua dan 6 siswa kelas IV B. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan maka dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam pendampingan belajar IPA siswa kelas IV B selama masa pandemi Covid-19 ada yang perannya maksimal, karena orang tuanya berada di rumah, ada yang perannya kurang maksimal karena pekerjaan orangtuanya. Terdapat beberapa peran orang tua dalam pendampingan belajar IPA seperti orang tua sebagai pendamping, orang tua sebagai motivator, orang tua sebagi fasilitator, orang tua sebagai tempat berdiskusi dan bertanya, serta menyediakan lingkungan yang kondusif saat belajar.
Kata Kunci : Peran, Orang Tua, Pendampingan IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 02:23 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 02:23 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5798 |
Actions (login required)
View Item |