Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Papan Asri di Masa Pandemi Covid-19

Pertiwi, Erni (2022) Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Papan Asri di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ERNI PERTIWI NPM. 1801051024 - Erni Pertiwi.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Strategi guru merupakan bagian penting dari proses pembelajaran. Jika strategi tersebut tidak terdapat dalam proses pembelajaran, maka akan mempengaruhi proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Strategi guru dilakukan untuk membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik perhatian siswa, agar siswa lebih bersemangat dan tujuan pembelajaran dapat tercapai seperti yang diharapkan walaupun saat ini masih berlangsungnya pandemi covid-19. Selama pandemi covid-19 minat belajar siswa perlahan-lahan menurun, yang ditandai dengan siswa yang minat belajarnya masih rendah, bermalasa-malasan dan kurang berantusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk mengatasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dan apa saja faktor pendukung dan penghambat minat belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri Papan Asri di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kulitatif, yang mengambil lokasi penelitian di SD Negeri Papan Asri. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu guru, siswa dan sumber data sekunder yaitu buku, jurnal, serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri Papan Asri di masa pandemi covid-19 yaitu pertama yaitu: menggunakan metode yang bervariasi, tanya jawab dan memberikan pujian, memberi nilai dalam bentuk angka, menggunakan media atau alat peraga. Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat belajar siswa. Hal-hal yang mendukung yaitu siswa yang sudah terbiasa, adanya perhatian orang tua, persiapan guru yang baik, media penunjang pembelajaran yang cukup lengkap. Faktor yang menghambat yaitu siswa merasa bosan, materi yang tidak dapat dipahami penuh, kurangnya perhatian dari orang tua, perangkat yang terbatas dalam keluarga, waktu yang singkat untuk persiapan guru.

Kata Kunci: Strategi Guru, Minat Belajar Siswa, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 06 Jul 2022 01:53
Last Modified: 06 Jul 2022 01:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5799

Actions (login required)

View Item View Item