Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa di SD Negeri 1 Bumiharjo

Maida, Nur (2022) Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa di SD Negeri 1 Bumiharjo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NUR MAIDA NPM. 1801050037 - Nur Maida.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Orang tua berperan sebagai pendidik utama dalam proses belajar terutama ketika belajar di rumah. Ketika orang tua tidak peduli maka siswa akan kurang termotivasi. Meningkatkan proses belajar siswa tidaklah mudah, karena apabila belajar menjadi hal yang membosankan bagi siswa maka dibutuhkan kepedulian orang tua yang dapat mendukung kegiatan belajarnya. Orang tua diharapkan dapat membantu dalam segi pengetahuan yang berkaitan dengan belajar seperti mengerjakan tugas sekolah. Siswa yang bersekolah tetap membutuhkan peran dari orang tua yang berkaitan dengan belajar terutama dalam memotivasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam memotivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa, peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa memiliki hubungan antara bagaimana peran orang tuanya sendiri dan kegiatan belajar. Disini peran orang tua dibutuhkan dan sangatlah penting. Ada yang peranya maksimal dan kurang maksimal lalu peran yang diberikan kepada siswa juga berbeda. Dibuktikan dengan persentase hasil angket untuk mengetahui peran orang tua sebagai motivasi ekstrinsik. Peran orang tua yang diberikan dalam memotivasi siswa yang diberikan kepada 6 siswa diantaranya 2 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, 2 siswa yang memiliki motivasi belajar sedang dan 2 siswa yang memiliki motivasi rendah yang hasilnya 80%, 86,6%, 66,6%, 73,3%, 46,6%, dan 60%. Terdapat perbedaan diantara ke 6 siswa karena peran yang diberikan orang tua juga berbeda. Faktor pendukung motivasi belajar siswa SD Negeri 1 Bumiharjo adalah orang tua memberikan kedisiplinan belajar, orang tua memantau siswa belajar di rumah, pemberian hadiah dan hukuman, serta pemberian nasehat. Dan faktor penghambatnya adalah kondisi siswa itu sendiri, orang tua sibuk serta tidak adanya bimbingan belajar (les) yang dapat menambah waktu belajar di luar jam sekolah.

Kata Kunci: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 06 Jul 2022 01:49
Last Modified: 06 Jul 2022 01:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5801

Actions (login required)

View Item View Item