Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Matematika Kelas V SD IT Cahaya Permata Lampung Timur

Putri, Melinda Gita (2022) Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Matematika Kelas V SD IT Cahaya Permata Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MELINDA GITA PUTRI NPM. 1801052017 - Melinda Gita Putri.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Matematika adalah salah satu pembelajaran yang termasuk terus ada dalam pembelajaran baik dari jenjang sekolah dasar sampai jenjang jenjang berikutnya. Namun pada penerapannya siswa sering sekali mengalami kesulitan pada pembelajaran ini. Bahkan matematika kerap disebut pelajaran yang rumit dan sulit. Menurut teori Piaget pada usia siswa sekolah dasar memasuki tahap operasional konkret. Pada tahap ini siswa sudah memiliki kemampuan dalam berfikir untuk mengoperasikan kaidah logika, meskipun masih dibantu benda atau objek yang bersifat konkret. Diusia perkembangan berfikir, siswa sekolah dasar masih terikat dengan benda yang bersifat konkret yang dapat ditangkap dengan alat indra. Jika siswa dihadapkan dengan pembelajaran matematika yang bersifat abstrak, maka siswa memerlukan alat bantu berupa media atau alat peraga yang berguna untuk membantu siswa memahami apa yang sedang disampaikan guru sehingga akan lebih paham dan menegrti. Sehingga salah satu upaya guru dalam mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran salah satunya media audio visual khususnya video. Hal tersebut yang menjadi alasan penulis melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual pada pembelajaran matematika kelas V SD IT Cahaya Permata Lampung Timur. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi dengan kepala sekolah, wali kelas V sekaligus guru matematika, dan siswa kelas V. Hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa belajar dengan menggunakan media audio visual khusunya media video dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Hal tersebut dapat terlihat dari antusias siswa saat penerapan media ini. Dan juga dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil lembar hasil belajar siswa. Dari KKM yang ditentukan yaitu 67 seluruh siswa sudah berada diatas KKM. Terlihat bahwa nilai seluruh siswa yang terkecil mendapatkan nilai 70 sebanyak 1 siswa sedangkan tertinggi mendapatkan nilai 100 sebanyak 9 siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:03
Last Modified: 29 Jun 2022 08:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5815

Actions (login required)

View Item View Item