Sari, Novita (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA N 1 Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN METRO.
PDF
SKRIPSI NOVITA SARI - 1701010157 - PAI.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Model problem based learning merupakan model pembelajaran yang berupaya meningkatkan rasa keingintahuan siswa atas materi pelajaran, meningkatkan fokus, mendorong untuk berfikir membangun kerja tim dan memotivasi siswa karena model problem based learning memberikan peluang untuk meningkatkan minat dari dalam diri siswa dengan menciptakan masalah sehingga mereka merasa tertantang dan bergairah untuk menyelesaikannya. Hasil penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan peneliti tentang apakah ada Pengaruh Model Peoblem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA N 1 Sekampung.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang merupakan
perhitungan berdasarkan data statistik dalam bentuk jumlah atau angka-angka. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh model problem based learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X SMA N 1 Sekampung.
Sementara sampel dalam penelitian ini berjumlah 82 siswa kelas X SMA N 1 Sekampung. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proportionate stratified random sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan strata. Alat analisis data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, serta uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linear sederhana, uji dertiminasi dan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana,uji dertiminasi dan uji t, maka didapat nilai persamaan regresi model problem based learning (x) sebesar Y=4,587+0,866X. Hal ini menunjukkan bahwa model problem based learning memberikan pengaruh sebesar 0,866 yang berarti semakin baik penerapan model problem based learning maka semakin meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X SMA N 1 Sekampung. Berdasarkan uji dertiminasi diperoleh R Square
55,3% dan nilai uji t>ttabel yaitu 9,940>1,667. Sehinggan hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan hipotesis alternatif diterima maka dapat dikatakan bahwa variabel model problem based learning (x) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa (y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 06:25 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 06:25 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5819 |
Actions (login required)
View Item |