Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Alat Peraga Papan Berpaku Siswa Kelas IV Di SD Negeri 3 Sritejokencono Tahun Pelajaran 2017/2018

Ningsih, Yesi Septi (2018) Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Alat Peraga Papan Berpaku Siswa Kelas IV Di SD Negeri 3 Sritejokencono Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI YESI SEPTI NINGSIH 13105995.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaktif yang berlangsung antara guru dengan materi yang diajarkan. Hasil pembelajaran tidak tergantung pada apa yang disampaikan tetapi bagaimana siswa mengolah informasi yang diterima selama kegiatan pembelajaranproses pengolah informasi oleh siswa dapat diperoleh dari kemampuan guru dalam menggunakan media sebagai perantara penyampaian materi. Pada kenyataannya tujuan pembelajaran seringkali tidak tercapai karena kesulitan siswa dalam memahami penjelasan materi dari guru. Hal ini sebagaimana dijumpai pada peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Sritejokencono. Belum maksimalnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik dikarenakan beberapa masalah yang terjadi saat proses pembelajaran terutama yang berhubungan dengan penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan Alat peraga papan berpaku dapat meningkatkan motivasidan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Sritejokencono Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga papan berpaku pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Sritejokencono Tahun Pelajaran 2017/2018.

Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 3 Sritejokencono tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang. Tindakan yang dilakukan dengan menggunakanalat peraga papan berpaku dalam pembelajaran mata pelajaran Matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif.

Pada pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga papan berpaku dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Rata-rata keseluruhan aspek motivasi pada siklus I sebesar 3,15 dan siklus II sebesar 3,85. Sedangkan dari persentase hasil posttes siklus 1 sebesar 53% dan siklus II 100%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran yang dilaksananakan dengan menggunakan alat peraga papan berpaku mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Sritejokencono terhadap pembelajaran Matematika pada materi keliling dan luas jajargenjang dan segitiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 08:26
Last Modified: 08 Jan 2020 08:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item