Ikhsanti, Nurul (2022) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMAN 4 Metro. Undergraduate thesis, IAIN METRO.
PDF
SKRIPSI NURUL IKHSANTI - 1601010060 - PAI.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Kompetensi profesional guru adalah kemampuan seorang guru dalam melaksanakan kewajiban-kewajibannya secara bertanggung jawab dan layak. dengan demikian, kompetensi guru menjadi kapasitas internal yang dimiliki guru dalam melaksanakan tugas profesinya. tugas profesional guru bisa diukur dari
seberapa jauh guru mendorong proses pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan efisien. Kompetensi profesional guru merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki seorang guru dalam melaksanakan kewajiban-kewajibannya secara bertanggung jawab dan layak. Semakin baik kompetensi prrofesioal guru maka semakin baik pula kemampuan yang akan dimilikinya. Sedangkan, motivasi belajar siswa dapat diketahui setelah diadakan penyebaran angket sehingga bisa diketahui adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhap motivasi belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 4 Metro?. Tujuan penulisan ini untuk untuk mengetahui pengaruh kompetensi Profesional guru pendidikan agama Islam terhadap motivasi belajar siswa dalam mata
pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMAN 4 Metro. Tekhnik pengumpulan data menggunakan metode angket dan wawancara terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan hipotesis yang peneliti ajukan dalam penelitian ini adalah Ha yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi
profesional guru terhadap motivasi blajar siswa di SMAN 4 METRO. Sampel pada penelitian ini adalah 30 responden. Pengujian instrumen pada penelitian ini menggunakan uji validitas dengan rumus Product Moment dan reliabilitas dengan rumus Alpha. Tekhnik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus Uji t (one sampel tes).
Hasil penelitian menyimpulkan ada pengaruh yang signifikan kompetensi Profesional guru pendidikan agama Islam terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil analisis data dengan menggunakan rumus Uji t (one sampel tes) diperoleh hasil pada taraf signifikan 5%, diketahui bahwa harga t hitung) sebesar 47, 659 lebih besar dari harga ( t tabel) pada signifikan 5% sebesar 1,699 atau 47, 659 > 1,699. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternative (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, dengan arah hubungan positif dan tingkat hubungan sedang. Maka kesimpulannya ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 06:09 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 06:09 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5820 |
Actions (login required)
View Item |