Nisa, Khoirotun (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN THE KEIRSEY TEMPERAMENT SORTER (KTS). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
KHOIROTUN NISA_T.MTK_1801042011 - Khoirotun Nisa.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Punggur Lampung Tengah. Berdasarkan pra penelitian siswa yang memperoleh hasil belajar di atas KKM sebesar 33,3% dari 63 siswa, sedangkan yang memperoleh hasil belajar di atas KKM sebesar 66,7% dari 63 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan
pemecahan masalah siswa masih rendah, hal ini juga disebabkan tipe kepribadian siswa sendiri. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dianalisis mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian KTS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian The Keirsey Temperament Sorter (KTS). Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mixed methods) dengan metode kombinasi berurutan (Sequential Explanatory Design). Subjek penelitian ini diambil 8 siswa dari 63 siswa dari kelas XI IPA 3 dan IPA 5 pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data meliputi; data deskripsi hasil tes tertulis dan hasil wawancara, analisis hasil tes dan hasil wawancara, kesimpulan. Data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika selanjutnya di triangulasi dengan data hasil wawancara. Analisis tes kemampuan pemecahan masalah dilakukan dengan langkah-langkah: tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat disimpulkan bahwa tipe kepribadian Rational memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang paling baik. Tipe kepribadian Guardian dalam pemecahan masalah dapat menyelesaikan sesuai dengan indikator, namun lebih lama dalam memahami masalah. Tipe kepribadian Artisan dalam pemecahan masalah masih kurang maksimal, siswa cenderung tergesa-gesa dalam menyelesaikan masalah. Tipe kepribadian Rational dalam pemecahan masalah siswa menyelesaikan dengan baik sesuai dengan indikator. Tipe kepribadian Idealist dalam pemecahan masalah dilakukan dengan baik sesuai dengan indikator, siswa mengembangkan idenya dalam menyelesaikan masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 04:27 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 04:27 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5840 |
Actions (login required)
View Item |