Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SD Negeri 9 Metro Barat

Dewi, Ema Saksita (2019) Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SD Negeri 9 Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI EMA SAKSITA DEWI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran di SD Negeri 9 Metro Barat sehingga nilai yang di peroleh siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Berdasarkan observasi diketahui bahawa salah satu penyebab rendahnya nilai hasil belajar IPS yaitu siswa sulit mengingat dan memahami pelajaran yang di sampaikan, penggunaan metode pembelajan belum menggunakan metode yang inovatif serta siswa kurang memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut model cooperative learning tipe make a match dapat menjadi solusi untuk menambah variasi model yang sudah ada. Dengan menggunakan model tersebut siswadapataktif dalam kegiatan belajar, siswa dapat beinteraksi dengan teman serta mereview informasi dan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SD Negeri 9 Metro Barat?”. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model cooperative learningtipe make a matchpada pembelajaran ilmu pengetahuan social kelas V di SD Negeri 9 Metro Barat Tahun Pelajaran 2019/2020.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 putra dan 11 putri. Dalam penelitian, peneliti bertindak sebagai guru dan berkolaborasi dengan guru kelas yang bertindak sebagai observer. Pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Terdapat 4 tahapan pada setiap siklus yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu: tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitafif dan kulaitatif.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 78,25 % dan pada siklus II sebesar 83,85 %mengalami peningkatan sebesar 5,6 % .Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunkan model cooperative learningtipe make a matchdapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD Negeri 9 Metro Barat Tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Jan 2020 01:14
Last Modified: 09 Jan 2020 01:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item View Item