Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Desain Buku Ajar Digital Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Statistika

Soeseno, Zahwa Eza (2022) Desain Buku Ajar Digital Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Statistika. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AKHIR. - Zahwa Eza S.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran yang baik harus dibarengi oleh perencanaan yang baik. Perencanaan tersebut diawali dengan mendesain pembelajaran. Desain pembelajaran dengan buku ajar familiar bagi siswa sehingga mudah untuk dipelajari, format digital sesuai dengan perkembangan dan kondisi zaman, dan RME membantu siswa memahami konsep matematika pada materi statistika yang dianggap sulit. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peranan buku ajar digital dengan pendekatan RME dalam membantu siswa memahami materi statistika dan mengetahui lintasan belajar siswa pada materi statistika menggunakan buku ajar digital dengan pendekatan RME. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Metro dengan 35 orang siswa kelas VIIIA yang sedang mempelajari materi statistika. Penelitian ini menggunakan design research sebagai metodenya. Digunakan angket survey dan pedoman wawancara, lembar validasi HLT dan buku ajar digital, grup WhatsApp, Google Classroom, dan foto jawaban tugas individu. Hasilnya, buku ajar digital menggunakan pendekatan RME berperan membangun bahasa dan konsep siswa terhadap materi statistika sedangkan lintasan belajarnya adalah dengan memahami data, mengerjakan Kuis, menjawab pertanyaan terbimbing di grup WhatsApp, dan mengerjakan Tugas Individu. Kata Kunci: Desain Pembelajaran, Buku Ajar Digital, RME, Statistika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:01
Last Modified: 13 Jul 2022 01:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5852

Actions (login required)

View Item View Item