Ningrum, Putri Lestari (2022) Peranan Guru Terhadap Pemahaman Mata Pelajaran Aswaja Pada Diri Siswa MA Ma'arif 05 Rumbia Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
PUTRI LESTARI NIMGRUM - 1701010161 - PAI.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Peranan Guru merupakan serangkaian tingkah laku yang saling berkaitan yang dilakukan dalam situasi tertentu yang berhubungan dengan perubahan dan perkembangan siswa yang menjadi tujuan utama melalui kegiatan pembelajaran. Pemahaman adalah kemampuan menangkap, dalam artian kemampuan seseorang memahami atau menguasai materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru kemudian mengklasifikasikannya dengan menggunakan kalimatnya sendiri.
Dalam kegiatan belajar yang dilakukan siswa tidaklah selalu lancar dan sesuai seperti yang diharapkan. Kadang-kadang mereka mengalami kesulitan atau hambatan dalam memahami apa yang disampaikan oleh guru, akan tetapi tidak semua siswa mengalami kesulitan memahami materi mata pelajaran Aswaja. Terdapat beberapa siswa yang belum mencapai target, pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa sebab namun salah satu penyebabnya kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran aswaja. peranan guru dalam proses belajar mengajar perlu diperhatikan sejauh mana guru berperan terhadap pemahaman siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ apakah terdapat peranan guru terhadap pemahaman mata pelajaran aswaja pada diri siswa MA Ma’arif 05 Rumbia Lampung Tengah?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peranan guru terhadap pemahaman mata pelajaran aswaja pada diri siswa MA Ma’arif 05 Rumbia Lampung Tengah.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif yang dalam pengelohan datanya menggunakan teknik analisis product moment yang dibantu dengan menggunakan aplikassi SPSS. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa dari populasi yang ada di kelas XI MA Ma’arif 05 Rumbia Lampung Tengah dan dalam pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini angket, dokumentasi dan tes pemahaman. Sebagai metode pendukung. Berdasarkan hasil penelitian peranan guru, diketahui guru sering menerapkan peranannya dengan presentas 33,33%, sedangkan pemahaman mata pelajaran aswaja pada diri siswa diketahui pemahmaan siswa pada kategori baik presentase 40,74%, dan besarnya peranan guru terhadap pemahaman mata pelajaran aswaja pada diri siswa dibuktikan dengan nilai korelasi person
(product moment) yang memiliki r hitung 0,937 lebih besar dari r tabel 0, 381 taraf signif 5% dengan tingkat peranan guru dan pemahaman mata pelajaran aswaja pada diri siswa pada kategori korelasi sempurna. Ha diterima, sehingga diketahui bahwa ada pengaruh yang positif antara peranan guru terhadap mata pelajaran aswaja pada diri siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 02:58 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 02:58 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5857 |
Actions (login required)
View Item |