Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Nilai-Nilai Afektif dalam Pembelajaran IPS: Studi Kasus pada Guru IPS di SMPN 3 Negeri Agung

Ratminah, . (2022) Penerapan Nilai-Nilai Afektif dalam Pembelajaran IPS: Studi Kasus pada Guru IPS di SMPN 3 Negeri Agung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
RATMINAH_1801080020 - Ratminah Amie.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan nilai-nilai afektif dalam pembelajaran IPS di kelas IX C SMPN 3 Negeri Agung. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru IPS Kelas IX dan peserta didik kelas IX C. adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun sumber data primer dalam penelitian yaitu guru IPS Kelas IX, sedangkan sumber sekunder dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IX C dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan SMPN 3 Negeri Agung. teknik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yakni dengan menggunakan tiga jenis triangulasi diantaranya yakni triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini berpedoman pada teori Miles dan Huberman.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti pada bulan januari 2022 dapat disimpulkan bahwa penerapan nilai-nilai afektif dalam pembelajaran IPS di SMPN 3 Negeri Agung telah dilaksanakan dengan semaksimal mungkin. Guru IPS terus berupaya memberikan peringatan dan menegur peserta didik yang bermasalah dalam ranah afektifnya. Penerapan nilainilai afektif yang dilakukan guru IPS dimulai dari sikap pendidik dalam pembelajaran sangat professional dan selalu memberikan contoh yang baik; menguatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS dengan
mengaitkan materi kedalam kehidupan sehari-hari dan menggunakan metode mengajar yang sesuai dengan kemampuan peserta didinya; nilai yang terkait ranah afektif peserta didik telah tertanamkan 85% bahwa pembelajaran tentunya sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari; dan konsep diri peserta didik setelah diterapkan nilai-nilai afektif tentunya menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:55
Last Modified: 14 Jul 2022 02:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5858

Actions (login required)

View Item View Item