Rahmadani, Putri (2022) Hubungan Antara Profesionalisme Guru dengan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Way Bungur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI PUTRI RAHMADANI (1701080022) - Putri Rahmadani.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini berasal dari kesadaran penulis tentang pentingnya profesionalisme guru dalam proses pendidikan. Sejatinya guru profesional yaitu guru yang kompeten dalam bidang mata pelajaran, disiplin, mampu mengatur kelas, kepribadian baik, dan mampu menumbukan minat belajar siswanya. Minat merupakan daya tarik yang mendorong seseorang untuk cenderung terhadap sesuatu. Seorang guru yang profesional diharapkan mampu menumbuhkan minat belajar siswa, agar mereka lebih bersemangat dan berupaya mencapai prestasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara profesionalisme guru dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Way Bungur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, yang mengkaji studi korelasi dengan dibantu program SPSS Versi 20. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 83 siswa dengan menggunakan perhitungan Rumus Yamane diperoleh sampel sebanyak 46 siswa. Alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuisioner sebab penlitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan pearson product moment. Hasil analisis data pearson product moment diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,323 dengan signifikansi 0,029. Nilai koefisien korelasi bernilai positif, maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa, variabel X (Profesionlisme Guru) berhubungan positif dengan variabel Y (Minat Belajar Siswa). Hal ini menunjukan bahwa korelasi X searah dengan Y. Berdasarkan hasil uji hipotesis (t) diperoleh nilai sedangkan dengan jumlah degree of freedom (df) = 44 pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai 0,680, maka dapat diketahui bahwa nilai yaitu 2,265 > 0,680. Maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat dutarik kesimpula bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara profesionalisme guru dengan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Way Bungur.
Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Minat Belajar, Pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 07:44 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 07:44 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5859 |
Actions (login required)
View Item |