Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Alat Peraga Takalintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Perkalian SD Negeri 5 Raman Aji Kec.Raman Utara

Handayani, Aisyah Fitri (2019) Penggunaan Alat Peraga Takalintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Perkalian SD Negeri 5 Raman Aji Kec.Raman Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
skripsi aisyah fitri handayani 1501050065 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 5 raman aji kecamatan raman utara. Berdasarkan observasi diperoleh bahwa pada kegiatan pembelajaran guru belum menggunakan alat peraga yang konkret, hal ini menyebabkan ketertarikan siswa terhadap pembeljaran matematika masih kurang. Alat peraga yaitu alat-alat pelajaran yang secara penginderaan yang tampak dan dapat diamati. Alat-alat peraga diperlukan sekali didalam memberikan pelajaran dan memahami pelajaran dengan baik. Alat peraga yang digunakan adalah TAKALINTAR 9tabel perkalian pintar). Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung perkalian SD Negeri 5 raman aji kecamatan raman utara.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDNegeri 5 raman aji kec. Raman Utaraberjumlah 13 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi.Teknik analisa data menggunakan teknik analisa data kuantitaif dan kualiaif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahw penggunaan alat peraga TAKALINTAR dalam pembelajaran matematika pada operasi hitung perkalian dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilhat hasil belajar siswa siklus I rata-rata nilai 73,07 dan siklus II rata-rata nilai 85,76 dengan tingkat ketuntasan klasikal pda siklus I 69,23% dan pada siklus II menjadi 92,30%. Pada siklus II persentase ketuntasan klasikal sudah melampaui target indicator keberhasilan yaitu 75% sehingga dapat disimpulkan penggunaan alat peraga TAKALINTAR dapat meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung perkalian SD Negeri 5 RamanAji Kec. Raman Utara.Kata kunci : TAKALINTAR, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Jan 2020 01:09
Last Modified: 09 Jan 2020 01:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item