Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Motivasi Belajar dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Kibang Lampung Timur

Pratiwi, Nanda (2022) Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Motivasi Belajar dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Kibang Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
NANDA PRATIWI SKRIPSI TIPS - Nanda tiwi.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan pengarah untuk memulai proses belajar yang memiliki tujuan jelas yang diharapkan agar tercapai. Kecerdasan emosi merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali, memahami, mengendalikan dan mengekspresikan emosi. Motivasi belajar di SMP Negeri 1 Kibang memiliki motivasi belajar yang cukup baik dalam kegiatan belajar. Pada penelitian ini peneliti mencoba mengkaji mengenai pengaruh kecerdasan emosi terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Kibang. Penelitian ini memggunakan jenis penelitian Ex-pose Facto, dibantu dengan program SPSS 20. Populasi pada penelitia ini sebanyak 276, dengan sistem Proposional Rondom Sampling peneliti menetukan sampel sebanyak 20% dari jumlah populasi maka sampel sebanyak 52 siswa. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuisionel karena penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Proses pengelahan data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Dari hasil pengolahan data terdapat pengaruh positif dari variabel X (Kecerdasan Emosi) terhadap variabel Y (Motivasi Belajar. Pada nilai koefisiensi regresi bernilai positif, maka dapat dikatakan bahwa variabel X (Kecerdasan Emosi) memiliki pengaruh positif terhadap variabel Y (Motivasi Belajar). Nilai regresi menunjukkan bahwa perubahan Y searah dengan X sehingga persamaan nilai regresinya adalah Y= 21,608 + 303 X. Berdasarkan hasil uji hipotesis (t) variabel X terhadap variabel Y diperoleh hasil thitung>ttabel yaitu (2,498>0,679). Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak, disimpulkan bahwa variabel X memiliki pengaruh positif terhadap variabel Y. Berdasarkan nilai R squar besar pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 11,1 % sedangkan sisanya 88,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosi, Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jul 2022 01:37
Last Modified: 14 Jul 2022 01:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5860

Actions (login required)

View Item View Item